Inspirator Indonesia

Blog Inspirasi Terbaik di Indonesia

Outstanding Personality

Posted by Abdul Ghani Z pada April 25, 2008

Saya punya temen yang secara personality menurut pendapat saya biasa-biasa aja. Dari segi yang lainnya juga ga terlalu beda dengan temen saya yang lainnya. Tapi yang menarik perhatian saya adalah dia selalu menjadi acuan atau orang yang paling dicari-cari ketika temen-temen saya yang lainnya perlu input tentang bagaimana seharusnya bersikap/mengambil keputusan terhadap masalah yang mereka hadapi. Saya termasuk salah satu orang yang pernah berkomunikasi dengan dia. Dan emang bener, nasihatnya/masukannya sungguh sangat membantu saya. SALUT !.

Saya mencoba untuk memperhatikan dan mempelajari kenapa temen yang satu ini dengan yang lainnya seperti punya pembeda yang cukup kentara. Dalam keseharian, pembawaannya sederhana- ga ngoyo. Ngomongnya seringkali asal ngucap (ceplas-ceplos). Tapi binar matanya sangat tajam dan terkadang saya merasa dia bisa membaca isi hati saya. Mudah-mudahan aja ga. Soalnya saya ga pernah ngetest dia tentang yang satu itu.

Personality semacam ini bukan personality yang eksklusif dalam artian cuma dia yang bisa punya sedangkan yang lainnya ga’. Permasalahannya adalah ini bukan suatu bentuk/hasil dari pembelajaran/ pembiasaan dalam keluarga. Tapi merupakan suatu bentuk anugrah dari Yang Maha Kuasa kepada mahluknya. Jadi otoritas untuk memberi dan tidak memberi sehingga menjadi demikian adalah hak mutlak Allah S.W.T.

Pertanyaan-pertanyaan akan timbul ketika kita memberikan pembanding kenapa temen kita lebih punya kelebihan seperti itu padahal kita yang udah mati-matian berusaha agar bisa lebih menarik perhatian temen kita untuk “berbicara” atau berkonsultasi dengan kita tetap aja ga menampakan adanya perubahan seperti yang kita harapin. Tetap aja kita menjadi orang yang membosankan !. Ga menarik. Kurang enak di ajak bicara.

Sementara temen kita yang sepertinya nyantai-nyantai aja malah ga pernah sepi dari kunjungan “pasien” yang mo berkonsultasi. Dengan pengertian temen kita itu jadi orang yang lebih dibutuhkan dan dicari ketimbang kita sendiri.

Daya tarik yang memang ada dalam diri setiap individu bisa dibentuk dengan suatu pembelajaran dan ada pula yang sudah menjadi bagian dari pribadi orang-orang tertentu. Ini merupakan satu bentuk “gift” yang kita kenal dengan anugrah. Mempunyai daya tarik seperti temen saya itu merupakan sebuah anugrah. Dan anugrah itu tidak bisa diperdebatkan.

Perlu dicatat bahwa setiap orang terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bila anda merasa termasuk dalam kategori orang-orang yang sering mempertanyakan kekurangan yang anda miliki ketimbang mensyukuri kelebihan anda. Itu semua cuma sekadar fokus cara anda berfikir.

Sekali lagi, setiap orang terlahir dengan kekurangan dan kelebihan.

Salam Perubahan !

Tinggalkan Balasan

 
